NEWS
DETAILS
Senin, 31 May 2021 19:24 - Paguyuban Honda Malang

Ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap skutik premium terus meningkat. Sebagian orang memilihnya karena praktis, memiliki bodi besar, banyak fitur hingga desain mewah. Salah satu motor yang menawarkan semua keunggulan itu, All New Honda PCX 160. Hadir sebagai generasi terbaru, motor ini mengalami banyak perubahan dibanding model sebelumnya. 

Review Honda PCX 160 | 2021

Malang – Paguyuban Honda Malang yang di wakili oleh Sama Nedy selaku ketua, mendapat kesempatan untuk mengulas secara langsung detail dari Honda PCX 160 mulai dari desain hingga mesin nya. Seperti apakah skuter matic premium terbaru ini?

Pabrikan Honda secara resmi menghadirkan edisi terbaru dari PCX Series, yakni Honda PCX 160. Motor ini hadir untuk segmen skutik premium yang telah menjadi sasaran dari series ini sejak pertama kali hadir. Skutik Honda yang satu ini memang terlihat lebih elegan dan canggih dibandingkan dengan edisi sebelumnya, yakni Honda PCX 150 eSP. 

 

Bagi yang penasaran kapan Honda PCX 160 masuk ke pasar Indonesia, motor ini pertama kali launching pada bulan Februari yang lalu.

 

Bagi yang penasaran apa perbedaan mesin PCX lama dan baru, sekarang kita akan membahasnya. Mesin yang disematkan pada motor skutik terbaru ini sangat powerful berkat kapasitas mesin 160cc SOHC, satu silinder, serta 4-valve. Juga semakin lengkap dengan sistem pendingin. PCX 160 sudah mengaplikasikan teknologi Honda ESP+ (Enhanced Smart Power). Teknologi ini berguna untuk meminimalisir gesekan, sehingga konsumsi bahan bakar jauh lebih irit dan yang tak kalah penting yakni ramah lingkungan. Motor ini dapat melontarkan daya sebesar 16 Hp di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Angka itu tentu saja mampu meninggalkan pesaing terberatnya, All New NMax 155. Yang punya tenaga 15,1 hp / 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm / 6.500 rpm.

 

Untuk menunjang handling dalam berkendara, All New Honda PCX 160 memiliki diameter ban yang lebih besar sehingga tampilannya lebih keren dan jauh lebih nyaman sangat berkendara. Pada bagian sistem suspensi, motor skutik terbaru ini memiliki suspensi yang jauh lebih panjang dengan diameter yang lebih besar. Yang kedua, suspensi ini dilengkapi juga dengan dust cover agar semakin awet, sebab komponen ini mencegah kotoran ataupun debu masuk ke dalam suspensi.

Lalu apa perbedaan dari PCX yang lama dengan yang baru dirilis ini? Yang pertama yang dapat kita lihat yaitu pada bagian desain motor yang benar-benar baru secara keseluruhan. Mulai dari desain depan, desain samping, serta desain belakang. Selain itu lampu depan sekarang lebih bersudut dan tentunya lebih sporty serta Full LED, jadi pencahayaannya jauh lebih terang. Sedangkan untuk lampu bagian belakangnya, juga mendapatkan desain yang baru. Dapat kita lihat desain lampu belakangnya yang tajam dan juga sporty serta LED. Pindah ke sisi desain bentuk yang berbeda pada bagian riding position. Jadi pijakan kaki pada model PCX yang sekarang lebih luas, sehingga lebih nyaman bagi pengendara. Ketika riding dalam kota, posisi kaki bisa ride on. Sedangkan ketika berkendara jarak jauh, kaki bisa diselonjorkan ke depan.

Lanjut tentang fitur-fitur, ada yang baru nih di PCX 160 ini! Pada bagian panel meter mendapatkan desain yang baru, lebih lengkap dan informatif. Seperti tersedianya tripmeter untuk mengetahui jarak tempuh saat pengendara sedang berkendara. Selain itu, terdapat pula digital clock untuk mengetahui waktu selama perjalanan. Nah yang tidak kalah penting juga ada fuel consumption indicator agar mempermudah kita mengetahui berapa jumlah konsumsi bahan bakar saat berkendara. Semakin lengkap dengan battery indicator untuk mengetahui kondisi aki ataupun baterai. Sungguh lengkap dan informatif ya, sepeda motor mania!

Tidak berhenti sampai disitu saja, pada bagian laci kiri juga telah dilengkapi dengan USB Power Charger. Jadi riders yang tidak bisa lepas dari gadget dan berpergian jarak jauh bisa charging hp tanpa perlu adaptor tambahannya lagi. Lengkap pula dengan cover agar hp aman disaat hujan turun, sangat praktis! Ukuran jok dan bagasi juga lebih besar. Untuk bagasinya sendiri memiliki kapasitas yang lebih besar yakni 30 Liter. Sebagai informasi, PCX yang lama hanya memiliki kapasitas sebesar 28 Liter. Jadi, baik itu helm half face ataupun helm full face bisa dengan mudah masuk dan tersimpan rapi di bagasi ini, termasuk juga barang-barang lainnya.

Sistem pengereman pada motor ini yakni ABS (Anti Lock Braking System), namun hanya tersedia pada varian motor ABS. Kegunaan fitur ABS ini adalah ketika riders melakukan pengereman mendadak pada jalan yang licin, fitur ini mencegah roda untuk mengunci. Lalu, apa perbedaan PCX 160 ABS dan CBS? Hal yang membedakannya dengan varian CBS yakni, ketika melakukan pengereman dengan tuas rem kiri, Combi Brake System (CBS) akan spontan berfungsi. Sehingga roda depan dan roda belakang akan berfungsi melakukan pengereman. Jadi baik itu ABS dan CBS sama-sama aman untuk dikendarai. 

 

Riders akan semakin aman berkendara dengan motor ini karena telah lengkap dengan fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control). Menariknya, teknologi ini bisa dinonaktifkan. Tinggal setel di bagian panel instrumen. Pencet tombol mode hingga muncul tulisan HSTC, kemudian tekan select 3 detik untuk menyalakan-menonaktifkan. Hadirnya HSTC juga memungkinkan PCX 160 untuk tetap bisa keluar dari jebakan lumpur atau pasir jika roda selip, sebab putaran roda tidak dibatasi. Sangat revolusioner ya riders!

Lanjut ke varian warna terbaru yang tersedia pada All New Honda PCX 160 2021. Untuk varian CBS tersedia dalam empat pilihan warna yakni Marvelous Matte Gray, Majestic Matte Red, Wonderful White, Glorious Matte Black. Begitu juga dengan varian ABS tersedia dalam empat pilihan warna yakni Majestic Matte Red, Glossy Brilliant Black, Royal Matte Blue, Glossy Wonderful White.

Harga PCX 160 2021

Ini dia yang ditunggu-tunggu sepeda motor mania! Untuk harganya sendiri, Honda PCX 160 CBS dapat kita peroleh dengan harga IDR 30,350,000 (On The Road). Sedangkan untuk Honda PCX 160 ABS mulai dengan harga IDR 33,950,000 (On The Road).

 

 

RELATED
NEWS