NEWS
DETAILS
Jumat, 29 Apr 2022 14:10 - Paguyuban Honda Malang

Buat kalian yang berniat riding bareng keluarga di liburan lebaran nanti, ada tips agar riding lebih aman.

Menurut Johanes Lucky selaku Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), bikers harus memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara baik jarak jauh maupun jarak dekat.

"Penting untuk mentaati peraturan serta bijak dalam kesadaran berkendara, apalagi saat membawa orang yang dicinta," ujar Lucky.

Lucky menuturkan, setidaknya ada tiga hal yang harus diketahui dan disiapkan bikers saat ingin berkendara bersama keluarga.

Pertama, riding bersama anggota keluarga harus diikuti dengan konsentrasi tinggi karena ada kecenderungan melakukan percakapan atau bersenda gurau selama perjalanan.

 

"Selain itu penumpang juga harus menggunakan riding gear lengkap dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengemudi. Hindari juga membawa barang berlebihan," ucap Lucky.

 

Dalam membawa barang, dihimbau lebar barang bawaan tidak melebihi setang kemudi dan ditempatkan di belakang pengendara serta tidak melebihi panjang motor maupun tinggi bahu pengemudi saat duduk berkendara.

 

Selain itu, pastikan barang bawaan terikat erat sehingga tidak berpotensi mengganggu keseimbangan saat berkendara.

Kedua, jika kalian lakukan perjalanan jauh atau waktu tempuh lebih dari 2 jam, disarankan untuk sempatkan istirahat.

 

Lucky juga menghimbau agar pengendara maupun boncengan memperhatikan asupan cairan dalam tubuh agar tidak terjadi dehidrasi. 

“Kalian juga perlu mengentahui kondisi jalur yang akan dilalui baik melihat aplikasi peta digital ataupun referensi bacaan yang dapat menambah informasi. Perencanaan ini akan memberikan estimasi waktu tempuh, lokasi istirahat, dan tempat pembelian bahan bakar,” tambah Lucky.

 

Ketiga atau yang terakhir, Lucky lebih menegaskan pada perlengkapan berkendara yang akan digunakan.

Tidak hanya menggunakan helm dan sarung tangan, pengendara dan boncengan diharapkan menggunakan riding gear yang tepat untuk menutupi seluruh anggota tubuh.

 

Contohnya gunakan jaket, celana panjang, sarung tangan dan sepatu, serta sediakan juga masker cadangan agar tatap aman dari paparan virus dan penyakit lain ketika kalian beristirahat di tempat umum.

 

Nah itu tadi beberapa tips sebelum lakukan perjalanan jauh menggunakan motor bersama keluarga.

RELATED
NEWS