NEWS
DETAILS
Rabu, 12 Jul 2023 17:03 - Paguyuban Honda Malang

Berkendara dengan sepeda motor banyak dilakukan perempuan saat ini. Mulai berkendara untuk menunjang aktivitas sehari-hari sampai sebagai gaya hidup. 

 
Agar dapat beraktivitas dengan aman, nyaman, dan tetap stylish , perempuan perlu memperhatikan beberapa faktor sejak sebelum mulai berkendara untuk tetap #Cari_Aman. 
 
1. Konsentrasi saat berkendara
 
Menurunnya konsentrasi dapat disebabkan karena kondisi tubuh yang kurang sehat, kelelahan dan lain sebagainya.
 
Konsentrasi saat berkendara dilakukan agar tidak menimbulkan bahaya terhadap keselamatan diri sendiri, penumpang, dan pengguna jalan yang lain salah satunya tidak menggunakan ponsel ketika dan selama berkendara. 
2. Penggunaan perlengkapan berkendara.
 
Demi #Cari_Aman, perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu wajib dipakai. Termasuk para perempuan yang berkendara wajib menggunakan perlengkapan yang aman dan nyaman. 
 
Penggunaan perlengkapan berkendara ini sebagai bagian dari menyayangi diri sendiri. Dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang baik bisa mengurangi dampak bila terjadi hal yang tidak diinginkan.
 
Jangan berkendara tanpa menggunakan perlengkapan yang aman. Sebab mendatangkan bahaya. 
 
Bukan karena perasaan tidak nyaman kemudian tidak memakai perlengkapan berkendara. 
 
 
3. Membawa barang bawaan
 
Perempuan tak lepas dari barang bawaan. Demikian juga saat berkendara biasanya membawa tas. 
 
Ini sah-sah aja, selama barang bawaan yang dibawa tidak sampai mempengaruhi dan mengganggu konsentrasi dan handling berkendara. 
 
Atau bahkan mengundang bahaya berupa tindak kejahatan seperti perampasan atau penjambretan.
 
Untuk itu tempatkan tas di bagasi motor. Motor-motor Honda utamanya tipe matic telah dilengkapi bagasi yang luas yang muat banyak barang bawaan. 
 
4. Pakai alas kaki yang aman untuk berkendara 
 
Sama halnya dengan tas, alas kaki dan sepatu perempuan juga sangat bervariasi modelnya. 
 
Namun perlu diperhatikan yang disarankan menggunakan alas kaki yang menutupi hingga bagian mata kaki. Ini untuk lebih memberi perlindungan pada kaki. 
 
Penggunaan sandal yang memiliki heels atau hak tinggi dapat mengganggu pengendara perempuan mengendalikan keseimbangan saat berkendara. 
 
5. Penggunaan rok saat naik motor
 
Sering kita jumpai pengendara ataupun penumpang perempuan saat naik sepeda motor menggunakan rok saat berkendara.
 
 Penggunaan rok saat naik motor tidak dilarang, namun dalam safety riding disarankan pengguna sepeda motor menggunakan celana panjang saat berkendara.
 
 Menggunakan celana saat naik sepeda motor dinilai akan lebih nyaman dan leluasa bergerak dalam mengendalikan sepeda motor. Ladies bisa menggunakan rok sebagai pengganti jika sudah sampai tempat tujuan.
“Jumlah pengendara perempuan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk itu, diperlukan edukasi keselamatan berkendara yang tepat sehingga bersama-sama dapat mewujudkan keselamatan dan kenyamanan di jalan raya bagi semua orang dan #Cari_Aman saat berkendara” kata Hari Setiawan, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.
 
RELATED
NEWS