NEWS
DETAILS
Minggu, 20 Sep 2020 10:52 - Paguyuban Honda Malang

Di masa pandemi covid ini hampir semua kegiatan dilakukan secara daring atau online.

Kegiatan secara virtual ini bisa dilakukan dengan berbagai macam media seperti zoom, live instagram, live facebook dsn lain sebagainya.

Kemampuan berbicara dalam media virtual ini sangat diperlukan khususnya jika kita bertindak sebagai host atau pembawa acara agar acara bisa berjalan menarik dan tidak membosankan serta apa yang kita sampaikan bisa diterima dengan baik oleh audience.

Berkaitan dengan hal tersebut, MPM Honda Jatim selaku distributor motor Honda Jatim melalui Community Development MPM Honda Jatim menggelar Webinar Honda Community Public Speaking untuk bikers, klub dan paguyuban Honda di Jawa Timur.

Event yang dilakukan secara online ini dilaksanakan live melalui zoom pada Minggu 20 September 2020 mulai pukul 12.00-15.00 WIB dan diikuti oleh perwakilan para pengurus daerah (pengda) dan pengurus paguyuban dibawah Honda Community Jatim.

Sebagai host kali ini adalah Misidianto dari Community Development MPM Honda Jatim dan sebagai nara sumber Yahuda Eko Kristiyanto atau yang akrab dipanggil Yudha  dari MPM Learning & Development Dept MPM Honda Jatim.

Menurutnya Yudha, Seorang Host atau Speaker wajib untuk menguasai konten apa yang akan dibawakan agar pesan bisa tersampaikan dengan jelas kepada audience.

Penggunaan tata bahasa dibuat sedemikian rupa, bisa menggunakan bahasa gaul kekinian agar audience tidak merasa bosan selama acara berlangsung.

Adapun kunci agar bisa menjadi public speaker yang baik menurut nara sumber adalah ;

1. Konten harus jelas, singkat dan padat

2. Relasi, membangun hubungan yang baik agar tercipta kredibilitas atau kepercayaan

3. Empati, berusaha untuk fokus pada kebutuhan audience

4. Adaptif, berusaha untuk fleksibel terhadap situasi

5. Trampil, host atau speaker harus bisa bersifat imajinatif dan bisa menginspirasi audience

6. Interaktif, bisa membangun komunikasi dengan audience dengan baik

7. Fun, bisa memberikan suasana acara terasa menarik sehingga tidak membosankan.

Agar bisa menjadi sukses dalam hal tersebut diatas setiap host atau speaker wajib mengetahui 4 hal dibawah ini.

Keempat hal tersebut bisa disingkat menjadi PAKE, yaitu :

1. Persiapan (prepare) => tools yang digunakan, perlengkapan, pakaian/ penampilan/ busana nyaman sesuai dengan karakter yang akan dibangun, lokasi take/ ruangan yang clear sehingga minim ganggauan, pencahayaan

2. Aksi (action) => mata tertuju kamera, voice power, gesture, posture, ekspresi (smile), terampil menggunakan tools yang digunakan (ig, zoom dll), interaksi/ komunikasi dengan audience yang fun.

3. Konteks => poinnya sebagai pembicara mesti SMART, cekatan bila ada problem misalnya koneksi down bisa backup, manage para audience supaya tidak bosen dan buat fun dengan gimmick-gimick tersebut, manage waktu yang tersedia dengan penyesuaian konten, tetap antusias dan percaya diri, bertanggung jawab pada konten yang targetnya adalah mengajak orang untuk action

4. Evaluasi => latihan, latihan, latihan... buat persiapan sebaik mungkin, bila gagal coba lagi

RELATED
NEWS